Tujuan : Memahami hakikat Gereja dan mengenali berbagai
karunia serta fungsi dari para anggota dalam Gereja.
☞ Apa
pengertian anda mengenai Karunia Rohani? Bagaimana fungsinya terhadap orang
percaya lainya?
Karunia Rohani adalah cara khusus dimana Roh Kudus
berkerja melalui kita untuk kebaikan Gereja. Karunia ini
bukanlah bakat alamiah yang kita miliki. Bukan juga suatu paket kemampuan / skil
yang kita latih dan kembangkan.
Karunia rohani adalah suatu pernyataan kuasa Roh Kudus
yang khusus dan istimewa (ayat 1 – 6).
Roh Kudus lah yang memberikan
dan mewujudkanya melalui pribadi pribadi yang rela menerimanya untuk memenuhi
suatu kebutuhan khusus (ayat 7).
1.
Karunia untuk berkata kata dengan hikmat (8).
Berkata-kata
dengan hikmat Ini kiranya tidak lain dari kemampuan untuk menjelaskan
kebenaran-kebenaran paling tinggi dari agama Kristen mengenai kehidupan ilahi
dan kehidupan Allah di dalam diri kita, ialah "ajaran sempurna" yang
disebutkan dalam Ibr 6:1. 1Ko 2:6-16. Roh
Kudus dapat memberikan suatu pengertian luar biasa pada saat saat tertentu
kepada seorang percaya dalam suatu situasi / keadaan dimana dibutuhkan petunjuk
khusus.
2.
Karunia untuk berkata kata dengan pengetahuan
; berkata-kata dengan pengetahuan Ialah kemampuan untuk menjelaskan
"asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus," suatu karunia
pengetahuan / pengertian istimewa dari Roh Kudus.
3.
Karunia Iman; karunia iman ini bukanlah iman
akan keselamatan yang dimiliki oleh setiap orang Kristen. Ini adalah suatu
karunia istimewa untuk mempercayai bahwa Allah akan memenuhi suatu kebutuhan
khusus. Yang dimaksudkan adalah iman yang mewujudkan diri di dalam tindakan-tindakan
percaya yang luar biasa (bdg. 1Kor 13:2). Iman yang dimiliki oleh George
Mueller atau Hudson Taylor dapat dikatakan memenuhi syarat sebagai iman semacam
ini.
4.
Karunia untuk menyembuhkan; Tidak berkaitan
dengan hal hal yang sekarang ini dinamakan kesembuhan ilahi. Karunia untuk
menyembuhkan ini memberikan pemulihan hidup (bdg Kis 9:40; 20:9*). Firman Allah
mengajarkan kesembuhan ilahi menurut pola tertentu (bdg Yak 5:14,15).
5.
Karunia untuk mengadakan mujizat; Jika untuk
suatu kebutuhan / keadaan tertentu dibutuhkan suatu mujizat, maka Roh Kudus
akan memakai seseorang atau beberapa orang percaya untuk melakukan mujizat
tersebut.
6.
Karunia untuk bernubuat; (10) Ini adalah
pekerjaan khusus Roh Kudus, yaitu mendatangkan penghiburan, peneguhan atau
tantangan kepada gereja selagi kita menyembah Tuhan. Jadi ini bukanlah nubuat /
ramalan tentang sesuatu yang akan terjadi dalam waktu yang lama, namun
kebenaran rohani yang segera digenapi.
7.
Karunia untuk membeda bedakan roh; Roh Kudus
memakai orang2 percaya untuk mengenali dan melawan kehadiran roh2 jahat/ iblis.
Bukan oleh pengertian atau ketajaman pikiran manusia, melainkan Roh Kudus lah
yang memampukan kita untuk melihat apakah sesuatu berasal dari roh iblis, roh
manusia atau Roh Kudus.
8.
Karunia berkata kata dalam bahasa roh; apakah
kita sudah pernah melihat karunia ini terwujud dalam ibadah penyembahan? Roh
Kudus memimpin seseorang untuk berbicara dengan bahasa yang tidak diketahui
untuk menyampaikan suatu pesan kepada gereja. Karunia ini menjadi tidak berguna bagi gereja bila tidak dilengkapi dengan karunia menafsirkan bahasa roh tersebut oleh orang percaya yang lain.
9.
Karunia untuk menafsirkan bahasa roh;
Menafsirkan bahasa roh adalah pekerjaan Roh Kudus melalui seorang percaya untuk
menjelaskan ( bukan menerjemahkan ) pesan yang telah disampaikan dalam bahasa
yang tidak dapat dimengerti sehingga dapat bermanfaat bagi gereja.
☞(1Kor 12:11*. Seperti yang dikehendaki-Nya). Roh adalah pemberi karunia.
Kata-kata ini merupakan kunci, yang menunjukkan kepada orang-orang yang tampaknya lebih
diistimewakan dalam menerima karunia bahwa tidak ada keuntungan tertentu bagi
dirinya dan kepada orang-orang yang kurang diistimewakan bahwa itu bukan
berarti mereka kurang penting.
1Kor 12:11 Sangatlah penting
untuk memahami
pikiran Paulus agar dapat melihat kekuatan dari ilustrasi yang dikemukakannya
di sini. Ilustrasi ini menunjukkan sifat dari masa di antara kedua kedatangan
Kristus. Dalam kaitan dengan karunia-karunia ini, maka masa antara tersebut
dapat disamakan dengan pertumbuhan seorang dari bayi sampai dewasa.
Karunia-karunia khusus yang spektakuler ini diperlukan pada tahap-tahap awal
dari pertumbuhan gereja (bdg Ef 4:7-16) untuk tujuan pembuktian keaslian (bdg
Ibr 2:3,4) dan pembinaan ( 1Kor 14:3) ketika belum ada Perjanjian Baru yang
menuntun. Semua karunia tersebut merupakan "bahasa bayi" dari gereja.
Sebagaimana banyak dibuktikan oleh sejarah, seiring dengan adanya Firman dan
kedewasaan yang bertambah. karunia-karunia tersebut tidak terlalu diperlukan lagi.
1Kor 12:14-20 Ilustrasi tentang tubuh
dikembangkan di dalam ayat-ayat ini, dengan menekankan keragaman di antara
anggota-anggotanya untuk membela orang-orang yang tampaknya kurang berarti,
yang menganggap karunia-karunia mereka tidak penting. Pengertian kuncinya
adalah: Tubuh tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota
(1Kor 12:14), dan bahwa anggota-anggota itu sudah diberi suatu tempat pada
tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya (1Kor 12:18). Dengan demikian anggota
yang tampaknya memiliki karunia yang kurang berarti tidak usah iri terhadap
mereka yang tampaknya memiliki karunia yang lebih unggul.
1Kor 12:21-24 Di dalam bagian ini hubungan saling bergantung di antara para
anggota ditonjolkan. Anggota-anggota yang tampaknya unggul (karena memiliki
karunia yang lebih mengagumkan) tidak boleh menganggap rendah mereka yang
tampaknya memiliki karunia yang tidak sehebat itu. Sesungguhnya, menurut
Paulus, justru anggota-anggota tubuh kita yang tidak elok mendapat
perhatian paling banyak (melalui Cara berpakaian), dan sesuai dengan analogi
ini mereka yang tampaknya menerima karunia yang kurang penting dapat
mengharapkan dari Allah kesamaan martabat di dalam satu tubuh itu. yakni
Gereja. Sesungguhnya, memang inilah yang telah dilakukan oleh Allah, sebab Dia
telah menyusun tubuh kita begitu rupa. Menyusun mengacu kepada
pencampuran dua unsur sehingga menghasilkan sebuah persenyawaan, seperti air
dengan anggur. Tubuh merupakan suatu kesatuan.
Shalom saudara seiman dalam Kristus dimana pun berada. Mari kita sama-sama belajar tentang Shema Yisrael yang pernah diucapkan oleh Yeshua ( nama Ibrani Yesus tertulis ישוע ) seperti yang dapat kita temukan dalam Markus 12 : 29 dan Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 sebagai berikut :
BalasHapusHuruf Ibrani, " שמע ישראל יהוה אלהינו יהוה אחד "
Pengucapannya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani, " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad "
Orang Yahudi pada jaman Yeshua hingga sekarang terus memegang teguh prinsip keesaan Tuhan YHWH ( Adonai ) yang tersirat dalam kalimat Shema. Pada akhir pengucapan diikuti juga dengan kalimat berkat sebagai berikut :
" ברוך שם כבוד מלכותו לעולם ועד " ( Barukh Shem, kevod malkuto le'olam va'ed, artinya diberkatilah nama yang mulia kerajaanNya untuk selamanya dan kekal )
🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🕍🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🗺️✝️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🥛🍯🥖🍷🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪🇮🇱